Hai teman-teman bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik ya๐
Untuk artikel kedua ini saya akan membahas mengenai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mata pelajaran IPA untuk tingkat SD/MI.
Sebelumya saya akan membahas apa sih RPP itu? Bagaimana prinsipnya? Dan apa saja manfaatnya?
- Perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran
- Rencana yang mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dlam silabus
- Pembelajaran adalah proses yang ditata dan diatur menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan
- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
2. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
- Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik
- Mengembangkan buadaya membaca dan menulis proses pembelajaran
- Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
- Keterkaitan dan keterpaduan
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Tujuan Dan Manfaat
- Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator
- Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek
- Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa
- Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect (efek mengasuh).
Selanjutnya saya memaparkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tingkat SD/MI kelas 6 tema 9 Menjelajahi Angkasa Luar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel beda dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
C. INDIKATOR
3.2.1 Menyebutkan galaksi dan sistem tata surya.
4.2.1 Menjelaskan sistem tata surya dalam bentuk peta pikiran.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal galaksi dan sistem tata surya.
2. Siswa mampu menjelaskan sistem tata surya dalam bentuk peta pikiran setelah berdiskusi.
3. Setelah membuat rancangannya dengan kata kunci dari teks, siswa mampu menjelaskan secara lisan teks eksplanasi ilmiah tentang sistem tata surya.
4. Setelah membaca tabel, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara Bumi dan angkasa luar.
5. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan beragam aspek ruang dan waktu dalam sistem tata surya.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengenal galaksi dan sistem tata surya.
Matahari adalah pusat sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet dan benda-benda kecil lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Masing-masing berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan.
Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi.
¡ Mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara Bumi dan angkasa luar.
¡ Menjelaskan beragam aspek ruang dan waktu dalam sistem tata surya.
¡ Membuat rancangan dan menyajikan teks eksplanasi ilmiah.
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Dunia angkasa luar”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa membaca informasi dan mengamati gambar/foto tentang Bumi, galaksi, dan sistem tata surya. (Mengamati)
¡ Siswa mengenal sistem tata surya dan planet-planet berdasarkan urutannya dari Matahari. (Mengekplorasi)
¡ Siswa memberi nama planet pada gambar
¡ Siswa menuliskan pertanyaan tentang hal-hal lain yang ingin diketahui lebih lanjut tentang sistem tata surya. (Menanya)
¡ Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan pertanyaan temannya. (Mengasosiasi)
¡ Mereka dapat saling menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. sesuai urutannya dari Matahari.
¡ Secara berkelompok, siswa memeragakan sistem tata surya berdasarkan informasi yang telah dilihat dan dibaca. Siswa dapat menggunakan kertas dan alat tulis untuk memberi nama-nama bagian tata surya. (Mengekplorasi)
¡ Siswa dapat menggunakan kolom yang kosong dalam buku untuk berlatih terlebih dahulu.
¡ Siswa dapat menggambar sistem tata surya sesuai pemahamannya.
¡ Siswa membandingkan hasil peragaan kelompoknya dengan kelompok lain. Siswa dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaannya.
¡ Bersama seorang teman dari kelompoknya, siswa mencoba menceritakan kembali hasil peragaan mereka tentang sistem tata surya.
¡ Siswa menggunakan kata-kata kunci dari teks tersebut untuk membantu bercerita. Siswa menuliskan paling sedikit 5 kata kunci pada kolom yang tersedia
¡ Siswa menuliskan uraian tentang sistem tata surya secara singkat dengan kata-kata kunci. Siswa menggunakan peta pikiran sesuai kreasinya dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
¡ Siswa berlatih bercerita kepada seorang teman mengenai tata Surya. (Mengasosiasi)
¡ Siswa dapat memberi komentar atau perbaikan pada cerita temannya dan sebaliknya. Komentar dituliskan pada kolom yang tersedia.
¡ Siswa mendiskusikan aspek keruangan antara Bumi dan angkasa luar. (Mengekplorasi)
¡ Seperti bentuk permukaan Bumi dan planet-planet lainnya dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
¡ Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.
¡ Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia. Siswa menyampaikan hasil diskusinya pada 2 kelompok lain.
¡ Siswa membedakan kondisi benda-benda angkasa luar tersebut dengan Bumi.
¡ Siswa dapat mencari informasi dari sumber lainnya, kemudian mendiskusikan hasilnya dengan seorang teman. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menuliskan hasilnya pada tabel yang tersedia.
|
50 Menit
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : ”Menjelajahi Angkasa Luar” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar-gambar tentang angkasa luar (seperti galaksi dan sistem tata surya) serta kertas dan alat tulis.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
| ||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
| ||
1
|
Sultan Haykal
| |||
2
|
Aisy Anindya
| |||
3
|
…..
|
Keterangan: 1: Kurang 2 : Cukup 3 : Baik 4 : baik sekali
b. Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel IPA
1) Pengetahuan
(a) Setiap planet juga berputar mengelilingi Matahari. Disebut apakah gerakan itu?
(b) Bagaimanakah bentuk permukaan Bumi?
(c) Bagaimanakah jika dibandingkan dengan planet-planet lainnya?
(d) Setelah mengetahui tentang Bumi dan angkasa luar, bagaimana kamu bersikap terhadap Sang Pencipta?
(e) Apakah keteraturan menjadi hal penting di alam semesta ini? Mengapa?
(f) Apakah manfaat yang kamu dapatkan setelah belajar tentang sistem tata surya?
2) Keterampilan
3. Penilaian
1. Daftar Periksa tentang Sistem Tata Surya (IPA ) Beri tanda P pada kolom yang sesuai.
No
|
Kreteria
|
Ya
|
tidak
|
1
|
Siswa mampu menjelaskan tentang sistem tata
surya setelah memeragakannya..
| ||
2
|
Siswa mampu menggambarkan sistem tata surya.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas VI
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pemaparan materi maupun dalam penulisan.
Terimakasih dan Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bermanfaat sekali Bu Mg..
BalasHapusNice sungguh bermanfaat sekali bagi kita semua aminn
BalasHapusWahh sungguh bermanfaat sekali kaka
BalasHapusSangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran. Nice...
BalasHapusWah bermanfaat sekali dengan begini saya jadi tau perbedaan ruang waktu bumi dan angkasa luar Bu mega
BalasHapusAlhamdulillah terima kasih ilmu nya
BalasHapusMantap bu guru ๐ lanjutkan dan semoga bermanfaat ๐
BalasHapusTerimakasih,artikel ini memberi saya ilmu
BalasHapusPertahankan Terus prestasi mu ๐
BalasHapusTerimakasi ilmunya sangat bermanfaat
BalasHapusOmg keren sekali.,
BalasHapusBaguss
BalasHapusBaguss
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTulisan saudari sangat menarik
BalasHapusWahh luar biasa, terimakasih ilmunya ka
BalasHapusNice
BalasHapusTerimakasih ini sangat membantu sekali
BalasHapusAduhh keren banget nih ..buat referensi nanti kalo aksi sudah ngajar ya .makasih buu
BalasHapussangat membantu, terimakasi ilmunya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusWah menarik sekali cara pennyajian artikel. Bisa nih di terapkan untuk di sekolah
BalasHapusUlala cocok banget dijadikan referensi
BalasHapusTerimakasih kak sudah mau berbagi ilmunya ❤️
BalasHapusWow keren makasih udh share ilmu nya semoga bermanfaat
BalasHapusmantap ini sangat membantu sekali untuk siswa, semoga bermanfaat menyalurkan ilmu yang sudah di rangkai nya,
BalasHapusAlhamdulillah sangat membantu terima kasih ilmunya kaka
BalasHapusSangat bermanfaat kaka
BalasHapusWah lengkap sekali dan tersusun dengan rapi. Sangat membantu sekali๐
BalasHapus. Alhamdulillah bgt dpt, sangat membantu. Sukses terus Kaka๐ช
BalasHapusGood๐
BalasHapuspenjelasannya lengkap sekali.
BalasHapusMantap Ka ilmunya bermanfaat selalu semangat
BalasHapusMantap sahabat
BalasHapusTerimakasih , ilmunya sangat bermanfaat ๐
BalasHapus