Rabu, 24 Juli 2019

ALAT PERAGA MEKANISME PERNAPASAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Haiii apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat yaa😊 ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka coba lagi. Wkwk😂
Langsung saja perkenalkan nama saya Mega Kristina, mahasiswi semester 2 di Institut Agama Islam Sahid Bogor, prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tahun 2018/2019.
Dalam artikel kali ini saya akan memaparkan alat peraga yang ada di PP IPTEK, salah satunya yaitu Mekanisme Pernapasan. Artikel ini merupakan tugas UAS untuk memenuhi nilai mata kuliah Kajian IPA yang diampu oleh Ibu Hana Lestari, M.Pd .

Dalam suatu kegiatan belajar mengajar tentunya membutuhkan media atau alat peraga agar memudahkan proses pembelajaran tersebut dan membuat pembelajaran lebih menarik. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan media yang dapat digunakan pada saat pembelajaran IPA yaitu alat peraga mekanisme pernapasan. 


Mekanisme pernapasan


 

Apa itu mekanisme pernapasan? Mekanisme pernapasan yaitu proses keluar masuknya udara dalam paru-paru.

A. Bahan dan Alat
Karena alat dan bahan yang digunakan dalam alat peraga dari PP IPTEK sedikit sulit bagi anak SD/MI maka dari itu saya akan menggunakan alat dan bahan yang sederhana.


  • Bahan : Aqua botol, sedotan/selang berukuran kecil dan besar, balon, karet gelang.
  • Alat    : gunting, lem.
B. Cara Pembuatan 
  1. Ambillah botol aqua yang tersedia
  2.  Potong botol menjadi 2 bagian dan ambil bagian atas.
  3.  Sambungkan selang kecil dan selang besar dengan lem sehingga berbentuk Y.
  4. Sambungkan balon ke dalam ujung selang Y.
  5. Ikat erat pangkal ke dua balon dengan karet gelang agar tidak lepas.
  6. Lubangi pada tutup botol aqua sebesar selang  yang disediakan.
  7. Masukkan selang kecil berbentuk Y yang sudah disambung dengan balon pada masing – masing ujungnya ke dalam botol aqua dengan posisi selang masuk ke dalam lubang pada tutup botol aqua dengan rapat.
  8. Tutuplah bagian bawah botol aqua dengan menggunakan balon karet
  9. Ikat balon karet agar tidak terlepas dari botol aqua.
  10. Alat peraga sudah dapat digunakan.
C. Cara Kerja Alat Peraga Mekanisme Pernapasan
  • Tarik balon bagian bawah dan lepaskan.
         a. Ketika menghirup udara melalui ujung pipa/pipet yang keluar dari  botol, udara akan                            berjalan  masuk melalui sedotan menuju kebalon
         b. Udara dari pipa akan masuk kedalam balon karet yang diikat pada ujung pipa .
         c. Kedua balon yang terikat pada pipa akan mengembang
         d. Hal ini merupakan proses Inspirasi pada proses pernapasan manusia.
  • Kendorkan atau lepaskan balon bagian bawah botol
         a. ketika menghembuskan udara melalui ujung pipet, maka udara dari kedua balon yang terikat               pada ujung pipet akan mengempes
         b.  hal ini merupakan proses ekspirasi pada proses pernapasan manusia.

D. Fungsi Bagian-Bagian Alat Peraga
  • Pipa/selang Y  sebagai saluran pernafasan atau saluran tenggorokan.
  • Balon Karet sebagai paru-paru.
  • Potongan balon yang diikat pada bagian bawah botol sebagai diafragma.
E. Kesesuaian Materi dengan Alat Peraga

Alat ini sangat sesuai dengan materi IPA tentang sistem pernapasan. Alat ini juga bisa digunakan oleh semua tingkat baik tingkat SD/MI bahkan tingkat SMP. alat ini sesuai dengan materi IPA kelas 4-5 SD/MI mengenai sistem pernapasan manusia.

F. Keunggulan Alat Peraga

Alat peraga ini bisa digunakan oleh semua kalangan. Bahan dan alat yang digunakan pun sangat sederhana. Serta cara pembuatannya pun sangat mudah. 


Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pemaparan materi maupun dalam penulisan. 
Terimakasih dan Semoga informasi dari alat peraga ini bisa bermanfaat bagi kita baik dalam media pembelajaran di sekolah maupun kehidupan sehari-hari.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



37 komentar:

  1. Wah bagus sekali mba artikelnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sungguh wawasan yang sangat baik sekali ...

    BalasHapus
  4. Wah sangat bermanfaat bagus sangat membantu

    BalasHapus
  5. Bermanfaat dan membuat motivasi

    BalasHapus
  6. Sangat membantu kak ega terimakasih banyak

    BalasHapus
  7. Mantaaapppppsss💕
    Termotivasi nh saya hehe, sukses slalu bu💕

    BalasHapus
  8. Tulisan yang sangat menginspirasi mamak

    BalasHapus
  9. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat bgt 😇😇😇

    BalasHapus
  10. Wah.. Mantaf ka, makasih ha ka ilmunya 😇

    BalasHapus
  11. Sangat Bermanfaat untuk menambah Wawasan,dan bahasa yang digunakan sangat dapat dipahami
    🙂

    BalasHapus
  12. Keren detail sekali cara pembuatan yah, boleh nih di coba untuk praktek anak-anak

    BalasHapus
  13. Sangat menarik Kaka... Terimakasih atas ilmunya ❤️😊

    BalasHapus
  14. Aduhh mantul nih Buu..sederhana dan mudah yaa..terimakasih ilmu baru nya Buu🤗

    BalasHapus
  15. Materinya bagus. Terimakasih sudah menjadi referensi

    BalasHapus
  16. Terimakasih kaka sudah berbagi ilmu baru nih untuk saya pribadi.

    BalasHapus
  17. Keren nih, perlu dicoba makasih ka ilmumya

    BalasHapus
  18. Menarik sekali untuk pembelajaran IPA di sekolah. Terimakasih kaka

    BalasHapus
  19. PCJ (Pintar,Cerdas,Jenius) sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. Mantap Ka sangat menarik sekali

    BalasHapus